komponen yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dengan komponen-komponen utama lainnya yang notabennya memiliki price yang mahal. karena apabila sebaru apapun head motor kita, atau sebagus apapun striping kita bahkan sebesar apapun kapasitas motor kita kalau sistem pemindah dayanya tidak berfungsi sama saja bohong. rantai dan gear ini merupakan komponen pemmindah tenaga yang berfungsi memindahkan tenaga putar dari transmisi ke roda-roda dengan baik dan lembut. hal ini sangat penting karena fungsi pemindah tenaga yang baik maka akan membantu prosen pemindahan tenaga yang dapat mempertahankan performa atau tenaga yang dihasilkan engine untuk bisa sampai ke roda-roda.
rantai adalah sejenis konveyor besi yang memiliki rangkaian tabung silinder besi dan plat tipis yang mengikat silinder tersebut yang saling mengunci sehingga memiliki kekuatan yang cukup besar untuk memindahkan tenaga dengan lentur tanpa ada halangan sudut dengan lancar dan baik. rantai yang baik adalah rantai yang selalu mendapatkan perawatan yang baik pula, karena rantai ini bisa menjadi sangat rentan kalau kita tidak melakukan perawatan dengan baik. apalagi
kalau sudah memasuki musim penghujan. kita harus sangat hati2 dengan air hujan yang membasahai rantai, karena hal tersebut dapat memicu karat yang dapat memperpendek umur rantai, selain itu pelumasan yang teratur dapat menjaga umur rantai itu sendiri, karena kalau kita membiarkan nya tanpa ada pelumasan yang baik, maka rantai akan cepat kendor setelah kita beri pelumasan. dan satu hal lagi yang jadi perlu perhatian adalah jenis pelumasan apa yang digunakan. hal ini juga sangat mempengaruhi kualitas rantai, jangan gunakan oli bekas atau sejenisnya karena hanya akan mengotori rantai dan membuatnya jadi lebih rentan. beli lah pelumas khusus rantai sehingga rantai kita akan terjaga keawetannya
gear adalah pasangan dari rantai. gear ini memiliki ukuran yang bervariasi sesuai dengan spesifikasi dan penempatannya, mulai dari yang terkecil sekitar 10 sampai lebih dari 80. tapi standart yang digunakan di motor harian kita adalah depan 14 dan belakang 36. hal ini sudah merupakan setingan pabrikan yang standart, tetapi kita masih bisa mengubahnya sesuai dengan medan yang biasa kita lalui atau seusai kebutuhan. perawatanya hampir sama denga rantai karena dua komponen ini merupakan satu kesatuan dan perawatannya pun dilakukan secara bersamaan. satu tips lagi ketika anda membeli rantai dan gear adalah masalah kualitas bahan. kualitas bahan disini merupakan faktor penting, karena sebagian biker yang kurang paham mengenai hal ini akan membeli yang penting gear dan rantai. padahal tidak sesederhana itu karena bahan yang digunakan akan mempengaruhi proses kekauatan tarik pada transimisi yang dapat mengakibatkan keausan secara cepat atau sebaliknya rantai dan gear yang cepat rusak karena salah pilih kualitas gear. pilihlah yang sesuai dengan standart pabrikan mungkin lebih aman jika anda tidak mengetahui kualitas bahan spare part yang anda beli.
Bagus mas , semoga aja gear nya ngga di oake tauran yaa hehehe , salam kenal ilmuakhirat11.blogspot.co.id
ReplyDelete