expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Pages

Friday, March 29, 2013

Tips Menjaga Motor Tetap Bertenaga Part 2

Setelah manjalani aktivitas hari ini yang cukup melelahkan, para motorizer pasti menyimpan motor kesayangan di tempat yang aman pula. hari ini ane mau lanjutin tips untuk menjaga agar kuda besi para motorizer tetap bertenaga dan awet. dipostingan sebelumnya, ane memaparkab 2 hal penting yang harus agan-agan perhatikan dalam usaha menjaga kuda besi agan-agan sekalian, tips berikutnya ane siapin sesingkat mungkin biar agan-agan mudah memahami dan mempraktikan nya didalam kehidupan agan sekalian. tips berikutnnya yaitu ane ingin memperdetail tentang tips pertama ane sebelumnya yaitu:
1. perhatikan perawatan berkala
hal ini sangat penting agan2 sekalian, karena dengan teraturnya kita merawat si kuda besi kesayangan kita, maka akan memperpanjang umur setiap komponen dan tenaga pun terjaga dengan apik. dibawah ane jelasin hal-hal yang harus agan-agan perhatikan dalam perawatan berkala:

  • saringan udara 
saringan udara adalah hal yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. saringan udara berfungsi untuk menjaga agar udara yang masuk keruang bakar merupakan udara bersih yang memiliki kualitas yang baik sehingga ketika pembakaran di combustion engine terjadi secara sempurna dan menghasilkan tenaga yang baik. dilain pihak, dengan udara bersih yang menjadi bahan utama, akan menjaga kehalusan silinder  sehingga dinding silinder akan menjadi lebih awet dan ledakan yang terjadi menghasilkan tenaga yang tetap superrrr.. :D

untuk perawatan yang dilakukan cukup sederhana, tergantung jenis kendaraan yang agan miliki. sebagai contoh sepeda motor Vega Z R. untuk melakukan perawatan dan pembersihan saringan udara motor ini cukup sulit dilakukan, karena dengan striping yang dilengkapi dengan banyak skrup yang mengikat, sehingga sedikit menyulitkan pengguna untuk melakukan perawatan, tetapi dengan panduan dibawah ini diharapkan agan-agan dapat melakukannya dengan lancar dan benar.
pertama sediakan obeng +/-, kunci 10, 12, dan kunci L 8. langkah-langkah yang dilakukan yaitu sebagai berikut, ane jelasin pake cerita aja ya gan biar gampang: (1) longgarkan dan lepaskan sekrup-sekrup yang mengikat yang terpasang pada striping. (2) lepaskan striping secara perlahan dan hati-hati (3) longgarkan dan lepaskan mur pengikat saringan udara dan lepaskan saringan udara secara perlahan (4) bongkar saringan udara dan bersihkan dengan hati2. (5) pasang kembali secara berurutan dengan langkah kebalikan dari langkah pembongkaran.

  •  karburator
kalau kita berbicara karburator, kebanyakan orang akan menyangka bahwa komponen ini adalah komponen tersulit yang ada pada kuda besi nya. setingan yang salah akan berakibat fatal terhadap kestabilan mesin. campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar ditentukan oleh setingan setiap sekrup yang nempel pada karburator anda. kondisi dan kualitas udara yang ada di lingkungan anda, cuaca yang sedang hinggap di atmosper kita mempengaruhi cepat lambantya karburator kita mendapatkan yang namanya endapan kotoran. hal tersebut dapat mempengaruhi performa kuda besi agan-agan smua, so kita harus merawatnya secara berkala, apalagi kalau cuaca atau kondisi udara disekitar anda kotor. untuk panduannya akan ane up date in the next step ya gan :D
  • busi
  • knalpot dan mufler
  • aki
  • katup
  • rantai dan gear
  • bensin
  • oli mesin
  • suplemen tambahan

yang diatas ane jelasin di up date an berikutnya ya gan
semoga bermanfaat

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment