expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Pages

Saturday, April 13, 2013

Fungsi Ring Piston




komponen ini memilliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga agar kendaraan kita tetap bertenaga, karena apabila dia mengalami keausan atau rusak, maka secara otomatis kendaraan kita tidak akan bertenaga dan mengeluarkan asap.

secara ilmiah, di antara piston dan silinder harus ada sil yang berfungsi untuk mencegah kebocoran tekanan pembakaran melewati piston menuju crankcase untuk menghasilkan proses pembakaran yang mendekati sempurna. komponen tersebut adalah ring piston. 

Ring piston berfungsi sebagai penyekat untuk keperluan tersebut. Ring piston juga harus membersihkan pelumas yang tercecer pada dinding silinder ketika mesin beroperasi. Ring juga memindahkan panas dari piston menuju silinder sehingga terdapat tiga macam fungsi ring piston.

Penyekatan pada gas akan mengakibatkan terjadinya kehilangan daya, dan ring yang terlalu panas akan cepat rusak. Fungsi penyekatan dilakukan oleh dua ring atas atau ring kompresi.
Skirt piston, ring dan dinding silinder harus memperoleh pelumas, maka sejumlah kecil pelumas harus bisa dilewatkan agar dapat dicapai tujuan tersebut. Desain ring piston penting untuk menjamin dipenuhinya kebutuhan penyekatan, pelumasan dan pengontrolan panas mesin.





Desain Ring Piston
 Di bawah ini ditunjukkan diagram potongan melintang desain ring yang paling sering digunakan yaitu:





Cara Kerja Ring Piston


Gambar 2. Efek tekanan gas pada penyekatan cincin dan piston
Pada langkah usaha, tekanan pembakaran mendesak ring kompresi atas keluar menuju dinding silinder dan ke bawah pada bagian bawah alur ring sehingga terjadi penyekatan yang sangat efektif.
Tipe yang lebih canggih adalah ring kompresi, terutama ring ke dua, karena ring hanya menyekat sedikit tekanan pembakaran dan mempengaruhi pengontrolan minyak dengan berpuntir atau mengganjal kemudian membersihkan minyak dari dinding silinder.




Gambar 3. Operasi cincin puntiran torsional

Agar pemakaian minyak lebih hemat maka dibuat desain ring pelumas yang terdiri dari tiga bagian.
Ekspander bekerja dengan efek pegas pembatas yang mendesak “rail” (sebagaimana bagian cincin biasanya disebut) pada dinding silinder. Ujung ekspander tidak boleh tumpang tindih karena bisa mengakibatkan kurang besarnya tekanan pada rail untuk membersihkan pelumas dari silinder.





Gambar 4. Cincin pelumas berurutan tiga bagian





Gambar 5. Ekspander Duraflex (cincin pelumas 3 bagian)



Kondisi Lubang

Kemampuan ring dalam hal blowby, pemakaian minyak dan ketahanan dipengaruhi oleh beberapa faktor  Kebersihan saat dilakukan perakitan. Lubang-lubang harus dibersihkan dengan sabun dan air (Kerosin dan bensin tidak cocok digunakan) untuk memastikan sisa-sisa pasta yang digunakan pada proses pengikiran benar-benar sudah bersih. Kemudian diakhiri dengan pelumas mesin. Periksa kebersihannya dengan lap bersih yang berwarna putih. Jika lap berubah warna berarti lubang kurang bersih. Ulangi lagi proses sampai bersih. 

Finish lubang silinder harus sesuai dengan spesifikasi pabrik, sedangkan finish akhir lebih kurang seperti ini. “Berwarna abu-abu, tanpa goresan yang dalam, prosedur 0,40 mikrometer (15 mikroinci) menggunakan 400 grit stone, sudut garis menyilang harus dalam 30 – 60 derajat. Prosedur yang benar dalam menjalankan. Gunakan minyak pelumas mesin yang baru untuk melumasi semua komponen saat dilakukan perakitan. Jangan menggunakan bahan aditif, cukup pelumas mesin 20-50w.

Sesudah itu mesin dipasang dan siap dinyalakan dengan semua fluida memiliki level yang benar. Nyalakan mesin hingga sekitar 2000 rpm. Ini untuk memastikan cukup banyak pelumas yang terpercik dari poros engkol pada silinder dan melumasi cincin. Panaskan mesin dan kendarai kendaraan dengan hati-hati. Akselerasi dari 60 km/jam hingga 80 km/jam pada gigi atas. Lakukan beberapa kali. Ini akan menimbulkan tekanan di belakang cincin kompresi dan menyekatnya dengan cepat.
1000 km pertama dikendarai dengan bervariasi. Hindari perjalanan jarak jauh atau kebut-kebutan, jangan mengendarai dengan kecepatan yang sangat tinggi.
Semua pabrik ring piston memberi instruksi pemasangan dan penggunaan yang rinci. Jika petunjuk tersebut dipatuhi maka tidak akan timbul masalah terhadap performa dan ketahanan mesin.

1 comment: