expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Pages

Monday, April 1, 2013

Mekanisme Katup

katup adalah salah satu bagian dari mesin yang berfungsi untuk mengatur setiap langkah dari motor 4 tak. yaitu langkah hisap, kompresi, usaha, dan langkah buang. katup ini memiliki fungsi yang sangat penting karena dengan tingkat kualitas katup yang baik, maka akan menentukan besar kecilnya tenaga yang dihasilkan oleh kuda besi anda. standart katup yang dimiliki oleh motor empat tak atau motor empat langkah adalah katup hisap dan katup buang.
katup hisap biasanya cenderung memiliki ukuran yang lebih besar daripada katup buang. hal ini dikarenakan saluran hisap menuntut kelancaran yang aliran yang lebih tinggi daripada katup buang. hal ini  juga akan mempengaruhi tingkat kevakukam yang terjadi dan kualitas campuran bahan bakar dan udara yang terhisap masuk ke ruang bakar.
katup buang memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil. hal ini disebabkan untuk efisiensi tempat dan manfaat. apabila kita analogikan dengan term yang sederhana, besar atau kecil nya lubang apabila kita meniupnya dengan tekanan yang sangat tinggi maka lubang itu akan tetap memancarkan udara yagn tertiup tadi kan. oleh sebab itu lubang atau ukuran katup buang biasanya cenderung lebih kecil daripada katup hisap adalah untuk efisiensi.

perawatan dan perbaikan katup biasanya dilakukan dengan alat khusus yaitu alat sekur. alat ini berfungsi untuk memperkecil celah antara lubang dan katup sehingga terjadi kerapatan yang sangat tinggi dan tidak terjadi kebocoran ketika proses pembakaran berlangsung. oleh karena itu apabila kita menginginkan tenaga motor kita tetap dalam kondisi prima, kita harus melakukan perawatan performa katup dengan baik. bentuk perawatan yang dilakukan tidak hanya dengan sekur klep, tettapi dengan menyetel celah katup pun bisa dilakukan.
semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan agan-agan sekalian, untuk mekanisme secara gamblangnya akan dijelaskan pada postingan berikutnya. terima kasih
:D

doc
doc1
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment