expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Pages

Sunday, April 7, 2013

Hidro Meter (Hidro Volt)

Hidrometer atau hidrovolt adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur berat jenis atau kepadatan relatif dari sebuah larutan. bahasa ilmiahnya yaitu rasio kepadatan cairan dengan densitas air. hidrometer ini banyak digunakan untuk membantu mengetahui keadaan atau kualitas suatu cairan.
untuk dunia otomotif, hidrometer ini biasa digunakan untuk mengetahui kualitas larutan elektrolit atau H2SO4 pada sebuah baterai. kita bisa mengetahui kapasitas baterai secara cepat. 

sejarah perkembangan hidrometer sendiri tidak terlalu menunjukan hal yang signifikan, karena melihat dari sisi fungsi dan kemudahan yang ada, maka penggantian skala penunjuk yang senantiasa mengalami penggantian untuk mempermudah pembacaan. bahan yang biasa digunakan untuk hidrometer sekarang ini adalah terbuat dari kaca dan tersiri dari sebuah batang silinder dan bola pembobotan dengan merkuri yang mengapung untuk menunjukan penunjukan hasil berat jenis cairan. dan alat ini akan melakukan pembacaan ketika cairan masuk kedalam tabung silinder dan mengangkat tabung merkuri untuk menunjukan hasil pengukuran nya
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment