expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Pages

Tuesday, April 2, 2013

Sistem Pembuangan atau knalpot

hari ini kita akan membicarakan sistem pembuangan. sistem yang memiliki fungsi sangat penting dalam kendaraan dimana sistem pembuangan adalah saluran untuk membuang sisa hasil pembakaran pada mesin pembakaran dalam. untuk pembakaran dalam sendiri sudah ane jelasin pada postingan sebelumnya, so ane pikir agan-agan semua sudah paham ya.

Sistem pembuangan terdiri dari beberapa komponen yang memiliki kaitan dan fungsi satu sama lain, minimal terdiri dari satu pipa pembuangan yang di Indonesia dikenal juga sebagai knalpot yang diadopsi dari bahasa Belanda atau saringan suara.
knalpot adalah bahasa yang mungkin lebih familier di telinga kita. karena kalau kita berbicara dengan mekanik atau bengkel, maka mereka akan merasa aneh dan sedikit kurang paham apabila kita menyebut komponen ini dengan bahasa yang sebenernya (sistem pembuangan). jadi kita akan lebih nyaman apabila menyebutnya knalpot.
komponen sistem pembuangan sendiri terdiri dari beberapa bagian yaitu:



  • Kepala silinder, komponen ini merupakan komponen yang berhubungan langsung dengan pipa pembuangan awal. hal ini berbeda konstruksi apabila kita berbicara pada mesin dua langkah, dimana saluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender. hal ini mungkin agak sedikit membingungkan bagi para pemula, tapi bikers sekalian akan mengerti apabila melihat langsung seperti apa perbedaan nya.


  • Exhaust manifold atau exhaust header, komponen ini merupakan pipa yang terbuat dari bahan khusus yang tahan pada suhu tinggi. pipa ini berhubungan langsung dengan kepala silinder saluran exhaust jadi temperaturnya sangat tinggi dan berbahaya apabila kita menyentuhnya dalam kondisi panas.
  • Catalytic converter, komponen ini merupakan komponen yang sangat penting untuk zaman kita saat ini, karena dengan banyak nya kendaraan yang ada dibumi kita ini yang menghasilkan HC, NOx dan CO yang sangat berbahaya untuk kesehatan, komponen ini menurunkan konsentrasi tingkatan berbahaya dari udara hasil pembakaran yang terjadi. atau bahasa ilmiahnya untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NOx
  • Knalpot, orang indonesia biasanya memukul rata bahwa yang namanya saluran atau sistem pembuangan adalah knalpot, tapi pada fakta nya dua bahasa itu sangat jauh berbeda. knalpot adalah pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran.
  • Peredam suara atau disebut juga muffler, komponen ini sangat penting untuk kenyamanan anda dan orang-orang yang ada disekitar kendaraan anda, karena komponen ini berfungsi untuk meredam suara yang dihasilkan dari proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Pada sepeda motor, peredam bunyi ada di dalam knalpot sedangkan pada mobil umumnya terlihat dengan jelas berupa tabung sebelum ujung pipa pembuangan.
Selain komponen diatas, ada salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya untuk kendaraan anda bahkan dapat menaikan tenaga kuda besi anda. komponen ini bernama Turbocharger, dan penjelasan tentang komponen ini akan saya jelaskan pada postingan berikutnya. terima kasih

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment